Informasi Tips Kesehatan Untuk Anda

Tips Menghilangkan Cegukan

Tentu tahu yang namanya Cegukan atau hiccups. tidaklah nyaman jika menderita penyakit ini
Ada 2 jenis kategori cegukan, yaitu :

1. Cegukan yang bersifat ringan, yang hanya berlangsung selama 1 – 2 jam saja.
Penyebab paling sering pada kategori ini karena adanya regangan pada lambung. Selain itu, juga karena perubahan cuaca mendadak (misalnya dari dingin ke panas atau sebaliknya), makan makanan yang terlalu panas atau dingin, meminum minuman beralkohol, merokok terlalu banyak, atau mengalami stres. Cegukan ini akan hilang dengan sendirinya ketika kita tidur.

2. Cegukan yang bersifat tetap/permanen (persistance).
Cegukan jenis ini biasanya terjadi terus-menerus, tak hanya berhari-hari tapi bisa berbulan-bulan. Cegukan jenis ini merupakan gejala adanya gangguan di otak (misalnya gejala tumor di batang otak), gejala stroke (pada penderita stroke sering timbul cegukan), infeksi di susunan saraf pusat (otak), adanya herpes di dada sehingga mengganggu saraf tepi, selain itu juga karena gangguan metabolik seperti pada penderita diabetes, atau penderita kelainan ginjal karena urenia. Juga karena gangguan elektrolit (kurang kalium), termasuk pengaruh obat-obatan seperti steroid atau obat tidur.

Untuk Jenis Cegukan yang pertama, tips untuk menghilangkanya:
1. Meminum air hangat
2.Tarik dan buang nafas, kemudian tampung di dalam kantong atau kertas tertutup selama kurang lebih satu menit. Hidung dan mulut masuk ke dalam kantong tersebut. Maksudnya adalah untuk menahan dan meningkatkan CO2, sebab menurunnya jumlah CO2 dalam darah bisa menyebabkan cegukan. Setelah satu menit, Anda bisa beristirahat dan kemudian mengulangnya kembali.
3. Minum air sambil membungkuk
4. Tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut. Lakukan beberapa saat hingga cegukan hilang.

Untuk Jenis Cegukan yang kedua, tips untuk menghilangkanya haruslah pergi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan beberapa cek up.

Sebenarnya dari dua jenis cegukan, masih ada satu lagi. ini yang saya alami. hampir 3 hari cegukan terus menerus, sangat tidak nyaman dan tersiksa. sebelum cek ke dokter, brosing info cegukan di internet, berbagai tips cara penyembuhan saya praktekkan dan tidak ada hasil. kemudian ada info yang menyarankan meminum obat Chlorpromazin dan Tegretol. Saat cek di dokter dan saya meminta obat tersebut ternyata obat itu untuk menenangkan Orang sakit Jiwa. Tidak sembarangan dokter memberikan obat tersebut, jika dosisnya terlalu banyak, cegukanya sembuh, tapi sarafnya yang akan terganggu……mau??

cegukan ini didasarkan karena terlalu capek / overload kerja, yang bisa menyembuhkan hanyalah istirahat dan tidak melakukan aktivitas apapun. mintalah dokter untuk menuliskan resep obat tersebut dengan dosis yang kecil dengan alasan membantu anda bisa tidur. untuk menebus obat ini, juga sangat susah, tidak semua apotik menjualnya. cari apotik yang dekat rumah sakit, hanya apotik di situlah yang menjualnya.

Setelah dapat obatnya, tidurlah dengan pulas……cegukan pasti hilang.

Itulah tips2 cegukan yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat. :)

Posted by on Desember 11, 2010 at 6:36 am | Comments & Trackbacks (1)




One Response to “Tips Menghilangkan Cegukan”

  1.   P4ijo Says:

    Iya q jg ngalami cgukan yg nomer 2! Cm putus nyambung sembuh brapa jam eh kumat lg! Ngilangie kpiye yo?

Leave a Reply